Another Way To Die, Perkawinan Garage Rock dengan R&B

Another Way To Die, Single dari Jack White dan Alicia Keys

Another Way To Die, Single dari Jack White dan Alicia Keys

Seperti halnya film – film James Bond terdahulu, Quantum Of Solace, film James Bond terbaru yang dibintangi oleh Daniel Craig ini mempunyai theme song yang biasanya dibawakan oleh musisi papan atas. Di film ini, Jack White, penyanyi dan gitaris The White Stripes berkolaborasi dengan pelantun musik R&B-Soul, Alicia Keys. Ini adalah untuk pertama kalinya theme song dibawakan secara duet dalam sejarah film Bond.

Another Way To Die diciptakan dan diproduseri oleh Jack White dibawah label Third Man Record. Selain mengisi vocal, Ia juga memainkan gitar dan drum. Lagu ini dinominasikan dalam kategori Best Short Form Music Video di Grammy Awards 2009, dalam kategori Best Song pada Critics’ Choice Awards 2008, serta memenangi kategori Best Original Song pada Satellite Awards 2008.

Hal yang menarik adalah bahwa theme song Quantum Of Solace ini memiliki aliran Garage Rock yang banyak orang tidak familiar dengan musiknya. Karena memang di band The White Stripes bersama Meg White, Jack mengusung musik Garage Rock yang kreatif dan atraktif, didukung oleh kemampuan gitar Jack White yang sangat mumpuni. Awalnya muncul rumor bahwa Amy Winehouse atau Leona Lewis lah yang akan menjadi performer lagu Bond ini.

Meski Alicia Keys selama ini mengusung musik R&B dan Soul, Ia tetap dapat mengikuti nafas lagu yang lebih berbau rock, sehingga menghasilkan kolaborasi indah antara Jack dan Alicia yang sama – sama memiliki vokal yang khas.

Lagu diawali dengan rhythm berefek dari Jack White, dan dibalas dengan suara piano Alicia Keys dengan background trumpet yang membuat lagu ini lebih berkesan glamour. Kesan minimalis juga terdengar dari lagu ini, seperti lagu – lagu Jack White lainnya. Tetapi kalau didengarkan secara seksama, pada bagian chorus vokal mereka saling menutupi karena terlalu nge-blend, tetapi secara overall lagu ini sangat enak untuk didengar.

Jack White dan Alicia Keys dalam Video Klip Another Way To Die

Jack White dan Alicia Keys dalam Video Klip Another Way To Die

Video Klip Another Way To Die dirilis pertama kali di Yahoo! Video pada tanggal 29 September 2008. Dengan video efek dan CGI (Computer Generated Imagery) berupa garis – garis bergelombang sebagai latar, serta setting waktu pagi atau senja. Cuplikan James Bond yang berjalan sambil membawa senjata muncul di bagian terakhir video klip.

~ by musicapedia on March 25, 2009.

2 Responses to “Another Way To Die, Perkawinan Garage Rock dengan R&B”

  1. garage rock indonesia itu sypa yaa?
    lg cari tau ttg garage rock nii…thanx y

  2. aku sih blm pernah denger ada band indonesia yang genrenya garage rock.. mungkin karena orang indonesia ga cocok nyanyikan lagu garage rock.. garage rock kan uniknya di vocal..

    iya.. sama2 sist..

Leave a comment