Viva La Vida Chris Martin!

chris martin

chris martin

Christopher Anthony John Martin dilahirkan pada tanggal 2 Maret 1977, adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan instrumentalist berkebangsaan Inggris, dan lebih dikenal sebagai vokalis utama di band Coldplay.

Chris Martin menikahi aktris Amerika, yaitu Gwyneth Paltrow pada tanggal 5 Desember 2003. Anak pertama mereka, Apple Blythe Alison Martin, lahir pada tanggal 14 May 2004 di London. Anak kedua mereka, Moses Bruce Anthony Martin, lahir pada tanggal 8 April 2006 di New York.

Salah satu band yang Ia anggap memiliki pengaruh terbesar dalam kemusisiannya adalah pop-band dari Norwegia, A-ha. Sebuah lagu dari mereka merupakan lagu yang paling berkesan menurut Martin: “Saat aku berumur 12 tahun, “Hunting High and Low” selalu berada dibenakku, dan A-ha terus menjadi band yang penting bagiku”. Pada tahun 2005 Martin pernah berkata “Ketika aku berada di Amsterdam suatu hari dan aku putar album Hunting High and Low. Aku teringat akan seberapa sukanya aku dengan album itu. Pembuatan lagu yang luar biasa.” Ia juga diketahui meniru style dari vokalis A-ha, Morten Harket: “Morten Harket selalu memasang berbagai aksesoris di pergelangan tangannya. Dan aku mengikutinya, sampai sekarang. Ia adalah laki – laki yang paling keren yang pernah anda temui.”

Penampilan Chris Martin di Tour Viva La Vida

Penampilan Chris Martin di Tour Viva La Vida

U2 juga menjadi pengaruh penting bagi Martin secara musik dan politik. Martin pernah menulis pada majalah Rolling Stone, 100 Greatest Artists of All Time pada section U2, “Lagu pertama pada The Unforgettable Fire, “A Sort of Homecoming” aku mengetahui lagu itu dengan baik, sangat brilian dan indah. Itu adalah salah satu lagu yang kunyanyikan untuk bayiku ketika masih di dalam kandungan.” Martin juga mengomentari mengenai Bono yang dermawan dan aktif dalam bidang politik.

Di album terakhir Coldplay, Chris Martin merubah penampilannya menjadi lebih ‘tidak biasa’ dan fun, seiring dengan berkembangnya aliran lagu – lagu Coldplay pada album Viva La Vida Or Death And All His Friends. Performance panggungnya pun lebih atraktif dan dinamis, jauh berbeda dengan saat menyanyikan lagu ‘Fix You’ pada masa jayanya album X & Y.

Dalam ajang Grammy Awards ke-51, Coldplay mampu berjaya dan menyabet tiga penghargaan dari tujuh nominasi. Coldplay berhasil meraih piala Grammy dengan kategori lagu terbaik lewat lagu Viva La Vida dan juga album rock terbaik dengan album ‘Viva la Vida Or Death and All His Friends’. Di samping itu, grup musik ini juga menggondol meraih piala dari kategori Best Pop Performance by Duo or Group with Vocals.

“Terima kasih banyak. Kami tidak pernah mendapatkan Grammy sebanyak ini di sepanjang karier kami. Saya merasa bahagia berada di sini,” ucap Chris Martin seperti dikutip Guardian, Senin (9/2/2009).

~ by musicapedia on November 24, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: