“The Guitar Hero” Tom Morello

Tom Morello

Tom Morello

Pernah mendengar lagu “Chocise” yang dibawakan Audioslave? Jika anda pernah mendengarnya, anda pasti memperhatikan suara helikopter yang membuka lagu tersebut. Tahukah anda jika suara helikopter itu keluar dari gitar Tom Morello, gitaris Audioslave?

Thomas Baptist Morello lahir pada tanggal 30 Mei 1964. Ia adalah seoang gitaris pemenang Grammy-award yang dikenal menggawangi band Rage Against the Machine, Audioslave, dan sebagai musisi akustik The Nightwatchman. Ia berada di urutan ke-26 dalam daftar 100 Greatest Guitarists of All Time versi majalah Rolling Stone.

Pada tahun 1991, Tom ingin membentuk band baru setelah meninggalkan Lock Up. Saat itu, Ia bertemu dengan Zack de la Rocha dan terkesan dengan rap freestylenya, Ia memintanya untuk ikut ke dalam bandnya. Ia juga mengajak Brad Wilk, drummer yang dikenalnya saat masih manggung bersama Lock Up. Personil band itu akhirnya lengkap setelah Zack mengajak temannya, Tim Commerford untuk menjadi pemain bass. Setelah beberapa kali tampil di L. A. club circuit, band yang mereka namai Rage Against the Machine itu menandatangani kontrak rekaman dengan Epic Records tahun 1992. Di tahun yang sama, band tersebut merilis album debut mereka, Rage Against The Machine. Mereka meraih banyak sukses dan kemudian merilis tiga studio album lagi.

Tom Morello bersama Rage Against the Machine

Tom Morello bersama Rage Against the Machine

Akhir tahun 2000, de la Rocha memutuskan untuk keluar dari band. Pada tanggal 13 September 2000, Rage Against the Machine menampilkan konser terakhir mereka di Grand Olympic Auditorium, Los Angeles, California. Setelah band tersebut bubar, album keempat mereka, Renegades, berisikan koleksi cover song dari musisi – musisi seperti Bob Dylan, MC5, Bruce Springsteen dan Cypress Hill. Pada tahun 2003 mereka merilis album terakhir yang berjudul Live at the Grand Olympic Auditorium.

Setelah de la Rocha meninggalkan Rage Against the Machine, sisa personil band mulai berkolaborasi dengan ex-vokalis Soundgarden, Chris Cornell. Mereka akhirnya membentuk grup band baru yang bernama The Civilian Project, namun akhirnya diganti dengan Audioslave sebelum mereka merilis album pertama.

Tom Morello bersama Chris Cornell

Tom Morello bersama Chris Cornell

Tom Morello juga dikenal dengan musik folknya, Ia sering tampil dengan nama The Nightwatchman. Ia menjelaskan :

“Sebagai The Nightwatchman, aku telah menulis lagu dan memainkannya pada open mic dengan teman untuk beberapa waktu. Ini kali pertamanya aku melakukan tour. Ketika aku tampil di open mic, aku diumumkan sebagai The Nightwatchman. Disana akan ada anak – anak yang merupakan penggemar dari permainan gitar listrikku.”

Morello terkenal dengan style permainan gitarnya, yang mengawinkan riff heavy metal dan punk serta suara gitar yang terinspirasi dari musik hip hop. Permainan gitarnya juga khas dengan penggunaan efek gitar, seperti delay, modulation, wah, harmonizers, distortion, feedback dan lain – lain yang dikombinasikan secara unik. Perangkat efek yang paling dikenal adalah Digitech Whammy, yang membantunya menghasilkan berbagai suara.

~ by musicapedia on November 23, 2008.

One Response to ““The Guitar Hero” Tom Morello”

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: